Menjaga Kesehatan Liver

www.healthlife-id.blogspot.com - Di tengah kesibukan yang menumpuk, menjaga kesehatan tubuh adalah prioritas yang seharusnya di lakukan oleh setiap orang. Tanpa disadari liver terus bekerja keras semakin berat dan tiap harinya. Baik karena pola hidup maupun pola makan yang kurang memenuhi standar konsumsi gizi yang seimbang. Liver merupakan organ penting yang membantu dalam detoksifikasi, mengatur metabolisme tubuh dan membentuk antibody untuk sistem pertahanan tubuh. Liver harus tetap dijaga agar tetap sehat mulai dari sekarang, karena liver memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh.

Penyebab radang hati atau liver adalah sebagai berikut:

1. Pola hidup yang tidak sehat
2. Aktivitas tinggi dan olahraga berlebihan tanpa diimbangi oleh istirahat dan pola tidur yang baik.
3. Minum obat berlebihan
4. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan higienis
5. Minum alkohol berlebihan
6. Pola makan yang tidak teratur dan tidak seimbang

Mengenali gejala liver :
1. Mengalami depresi
2. Mudah lesu dan lelah
3. Nyeri pada sisi kanan perut
4. Hilangnya nafsu makan
5. Mual, muntah-muntah, dan diare
6. Warna bola mata dan kulit berwarna kekuningan
7. Persendian terasa nyeri
8. Air seni berwarna gelap

Hepatitis merupakan penyakit peradangan pada hati, penyebabnya yaitu virus hepatitis. Jenis hepatitis yang sering dijumpai yakni hepatitis A, B, dan C, Hepatitis A bersifat akut dan jarang menjadi kronis. Sedangkan hepatitis B dan C termasuk penyakit hati yang kronis  atau menahun yang dapat berlanjut menjadi sirosis dan kanker hati apabila tidak ditangani dengan baik. Banyak orang tak sadar kalau menderita hepatitis karena biasanya tanpa gejala pada awlanya. Pasien bisa menderita lebih dari satu jenis hepatitis dalam waktu bersamaan. Namun, ada juga yanhg terkena satu jenis hepatitis baru diikuti hepatitis yang lain. Radang hati atau liver yang disebabkan oleh virus Hepatitis A, B, dan C memiliki pravalensi tinggi di Indonesia, hasil penelitian menunjukkan 20 juta penduduk Indonesia terjangkit oleh hepatitis A, 20 juta lebih penduduk lainnya terkena hepatitis B, 8 juta lebih penduduk Indonesia mengidap hepatitis C.

Cara menjaga liver agar tetap sehat adalah dengan cara mengonsumsi temulawak. Temulawak (curcuma xanthorriza) berasal dari family Zingiberaceae, biasa ditemukan di hutan-hutan tropis, Indonesia salah satunya. Temulawak di Indonesia termasuk yang paling baik jika dibandingkan dengan negara-negara lain.  Rimpang temulawak mengandung curcumin yang berperan : Meningkatkan aktivitas enzim Gluthatione S-transferase (GST) serta keompok enzim Glutathione lain (Gs-x) dalam hati yang memiliki pernana penting sebagai detoksifkasi dan antioksidan. Temulawak atau Curcuma Xanthorrizha  telah dikenal oleh orang Indonesia sebagai tanaman herbal yang bermanfaat sejak dahulu.

0 Response to "Menjaga Kesehatan Liver"

Posting Komentar