Bahaya UV Ray Bagi Kesehatan Mata

www.healthlife-id.blogspot.com - Semua orang pasti sudah hafal betul dan paham dengan bahaya sinar matahari terhadap kulit dan pentingnya mengoleskan cairan pelindung sinar matahri saat sedang berada di luar rumah. Akan tetapi tak banyak orang yang tahu tantang bahaya UV Ray bagi kesehatan mata dan jenis radiasi lain yang bisa membahayakan kesehatan mata.

Ketika anda keluar rumah tanpa pelindung mata yang pas, pikirkan bahwa kontak mata dengan sinar UV maka mata akan rentan mengalami kerusakan. Kerusakan mata akibat sinar UV disebut dengan photokeratitis atau terbakarnya mata akibat sinar matahari. Kondisi ini menyebabkan sakit, penglihatan yang tidak jelas bahkan kebutaan sementara.

Jika dalam jangka panjang, sinar UV akan lebih mengancam kesehatan mata seperti terjadinya penyakit katarak atau macular degeneration ( hilangnya penglihatan akibat kerusakan retina). Untuk melindungi mata dari sinar UV, pakailah kacamata hitam sebagai pelindung ketika beraktifitas di luar ruangan. Perhatikan kualitas kacamata hitam yang bisa menjauhkan sinar radiasi ultraviolet sebanyak 100 persen.

Kacamata dengan kualitas penolakan sinar ultraviolet sebanyak 100% akan menghadang sinar UV sepanjang sampai 400 nanometer jauhnya. Sinar matahari yang ada sekarang ini sudah lebih terik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Itu sebabnya kita harus melindungi indera penglihatan dari bahaya UV Ray untuk kesehatan mata kita. Jenis kacamata sangat beragam, pastikan Anda memilih kacamata yang memiliki pelindung samping di bagian frame.

Mereka yang memiliki aktifitas regular di luar rumah dan sangat terbuka terhadap sinar matahari adalah orang yang paling berisiko tinggi terhadap kerusakan mata akibat sinar UV. Ultraviolet bisa dipantulkan kembali di permukaan yang terang seperti salju, air dan pasir putih. Sinar ultraviolet memancarkan ancaman paling berbahay sekitar pukul 10 pagi sampai 3 siang. Di benua Eropa, ancaman sinar UV juga muncul saat musim panas tiba dimana temperaturnya bisa mencapai 40 derajat celcius.

Sekarang ini level radiasi sinar UV sudah mencapai mendekati garis ekuator dengan altitude (ketinggian dari permukaan laut) yang sangat tinggi. Sangat disarankan untuk Anda memakai kacamata hitam sebagai sikap pencegahan terhadap bahaya UV ray untuk kesehatan mata.

0 Response to "Bahaya UV Ray Bagi Kesehatan Mata"

Posting Komentar