Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

www.healthlife-id.blogspot.com - Paru-paru sebagai organ pernapasan yang berperan sangat penting didalam menunjang kehidupan manusia. Di dalam paru-paru terjadi pertukaran oksigen dengan CO2 dan uap air dari dalam tubuh manusia melalui jalan pernafasan. Udara segar yang biasa kita hirup mengandung banyak oksigen yang sangat diperlukan oleh tubuh. Apabila kualitas udara kurang baik, maka tubuh juga akan kekurangan oksigen yang dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pada sistem organ-organ tubuh.

Maka sangat penting bagi kita untuk menjaga udara di sekitar agar tetap bersih dan kaya akan oksigen, supaya udara yang kita hirup bersih dan baik bagi kesehatan paru-paru dan terhindar dari bermacam-macam penyakit. Bagaimana cara menjaga kesehatan paru-paru? Berikut cara-cara agar paru-paru tetap sehat:

1. Berhenti merokok

Merokok adalah kegiatan yang dilarang, karena didalam rokok terkandung zat-zat berbahaya yang dapat menggerogoti kesehatan paru-paru secara perlahan. Untuk jangka waktu yang panjang, rokok dapat menimbulkan bermacam-macam penyakit pada paru-paru, misalnya kanker paru-paru.

2. Olahraga rutin

Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Sebuah motto kehidupan yang sangat benar karena dengan olahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Olahraga sangat baik dalam menjaga fungsi paru-paru tetap prima. Semua olahraga baik untuk kesehatan paru-paru, dan jenis olahraga yang paling mudah dilakukan adalah yoga karena yoga melatih jalannya sistem pernafasan dan menguatkan paru-paru.

3. Menciptakan sirkulasi udara di rumah

Ventilasi atau sirkulasi udara yang baik di rumah akan menjaga kesehatan paru-paru Anda dan menghindarkan Anda dari penyakit paru-paru seperti asma.

4. Makan makanan sehat

Makanan berperan penting dalam kesehatan. Makanan yang mengandung antioksidan merupakan makanan yang terbaik untuk kesehatan paru-paru Anda. Seperti, Sayuran berdaun hijau yang kaya akan antioksidan dan memberikan perlindungan bagi kesehatan paru-paru Anda. Hindari penggunaan suplemen karena olahan sayuran atau makan buah segar yang mengandung antioksidan akan lebih baik.

5. Jauhi polusi

Hendaknya gunakan masker ketika sedang bepergian supaya terhindar dari polusi kendaraan dan debu. Hindari polusi dan gas dari zat-zat berbahan kimia saat bekerja. Maka dari itu memakai masker ketika sedang bepergian adalah wajib hukumnya.

6. Mengkonsumsi vitamin

Vitamin A, Vitamin C dan D-3 sangat baik bagi kesehatan paru-paru. Misalnya wortel, wortel merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin A yang untuk  berfungsi menyembuhkan gangguan pada paru-paru. Kemudian vitamin C, vitamin C berasal dari buah , mangga, jeruk, nanas, strawberry, buah kiwi, jambu biji, dan lain-lainnya.

Banyak pilihan untuk membuat paru-paru agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit, mengikuti cara-cara diatas adalah indikasi bahwa seseorang telah melakukan pola hidup sehat. Pola hidup sehat akan menjaga paru-paru tetap prima dan terhindar dari penyakit.

0 Response to "Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru"

Posting Komentar