Cara Sehat Mengurangi Bahaya Kolesterol

www.healthlife-id.blogspot.com - Saat ini tidak sedikit orang yang menghadapi kekhawatiran tentang masalah kesehatan karena tingginya kadar kolesterol. Kadar kolestrol yang tinggi adalah salah satu penyebab terjadinya serangan stroke, jantung, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Obat-obatan kimia kerap dijadikan solusi bagi orang-orang yang ingin menurunkan dengan cepat kadar kolesterol. Akan tetapi, efek samping dari obat-obatan kimia tak jarang malah menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

Ada cara lain yang lebih efektif dan aman untuk menurunkan kolesterol didalam tubuh. Cara ini memiliki efek positif jangka panjang untuk mengendalikan kadar kolesterol tubuh , yaitu dengan cara berdiet. Namun sebelum mengetahui bagaimana peran diet dalam mengendalikan kadar kolesterol, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu bagaimana kolesterol tersebut terbentuk di dalam tubuh.

                                          Asal Timbulnya Kolesterol
Kolesterol sangat dipengaruhi makanan yang kita konsumsi. Semua jenis hewan dapat menghasilkan kolesterol dalam tubuh dan produk hewani merupakan bagian makanan manusia yang secara alami mengandung kolesterol.

Hati memproduksi kolesterol darah guna menjalankan fungsi tertentu didalam tubuh. Studi menunjukkan bahwa sekitar 75 % dari kolesterol didalam tubuh diproduksi oleh hati dan 25 % yang lainnya berasal dari makanan yang kita konsumsi.

Kolesterol yang berasal dari makanan disebut dengan kolesterol makanan. Sedangkan kolesterol darah yang dihasilkan oleh hati, merupakan komponen penting yang diperlukan untuk melaksanakan banyak fungsi tubuh. Kadar kolesterol yang berlebih dari makanan yang Anda konsumsi dapat menyebabkan penyakit jantung.

                                    Pentingnya Menjaga Kadar Kolesterol
Tidak masalah jika Anda mengkonsumsi kolesterol dari makanan, tetapi akan menjadi masalah ketika dikombinasikan dengan lemak yang sangat jenuh. Asupan makanan dengan kolesterol berlemak jenuh dapat meningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Ini berarti tubuh mendapat kolesterol tambahan yang mengendap di arteri yang akhirnya membatasi aliran darah normal, membuat arteri tersumbat, dan dapat berakibat menyebabkan stroke.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol sehat dengan menyeimbangkan diet kolesterol dan lemak jenuh dalam makanan. Menyeimbangkan diet adalah langkah pertama Anda untuk mencapai gaya hidup sehat dan pola makan sehat. Langkah kedua adalah dengan tetap menjaga kesehatan dan kebugaran melalui latihan fisik yang teratur.

                                         Menu Diet Rendah Kolesterol
Ubahlah pola makan Anda untuk menghindari kemungkinan terkena penyakit jantung. Berikut ini merupakan daftar makanan untuk menurunkan kadar kolesterol
1. Buah dan Sayuran
Segala jenis sayuran dan buah-buahan merupakan makanan yang sehat karena didalamnya terkandung mineral vitamin,  kadar kalorinya rendah dan tidak mengandung lemak. Selain itu, sayuran dan buah-buahan juga merupakan sumber makanan yang kaya serat yang berguna mengikat kolesterol dan mengeluarkan dari tubuh. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dan menjauhkan seseorang dari risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Padi-padian
Meminimalisasi konsumsi produk tepung putih, kecuali sereal dan biji-bijian dalam makanan. Tepung putih mengandung karbohidrat yang tinggi dan mengonsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Biji-bijian diketahui memiliki kandungan serat makanan dan energi yang tinggi. Selain itu sereal , roti coklat, biji-bijian dan kacang-kacangan, kentang dan pasta juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

3. Daging Tanpa Lemak
Disarankan mengonsumsi daging tanpa lemak seperti ayam, kalkun, dan ikan ke dalam daftar makanan kolesterol rendah. Tapi apabila ingin tetap mengkonsumsi daging merah,  proses memasaknya dilakukan dengan khusus dan benar guna mengurangi kadar lemak dan kolesterolnya.

4. Lemak dan Minyak
Hindari lemak jenuh jika Anda sudah memulai diet rendah kolesterol seperti yang ditemui pada beberapa produk seperti mentega, margarin dan minyak yang mengandung lemak jenuh. Untuk menggantinya, cobalah mengkonsumsi minyak ikan sebanyak 3-4 kali seminggu untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Jika ingin menggoreng makanan gunakan minyak zaitun untuk proses memasak, karena minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan polifenol, senyawa yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan mengurangi risiko pembekuan darah.

5. Produk Susu
Saat ini mudah ditemui produk-produk susu skim atau produk susu rendah lemak. Banyak penderita kolesterol tinggi yang menghindari produk susu sama sekali, padahal susu bermanfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu, penderita kolesterol tinggi sebaiknya tetap mengonsumsi susu, yakni susu rendah lemak.

0 Response to "Cara Sehat Mengurangi Bahaya Kolesterol"

Posting Komentar